Cara Membuat Tangga Rumah yang Baik yg bisa anda gunakan bahkan sudah punya cucu nanti

Pada artikel ini juga akan menerangkan bagaimana caranya membuat tangga tempat tinggal yang baik bersama panduan serta tricknya. Tangga pada artikel ini cuma dibatasi spesial untuk tangga tempat tinggal saja. Dalam konteks tempat tinggal 2 lantai, pengertian tangga yaitu akses jalan yang menghubungkan lantai 1 dengan lantai 2.


Pada artikel ini juga akan menerangkan bagaimana caranya membuat tangga tempat tinggal yang baik bersama panduan serta tricknya. Tangga pada artikel ini cuma dibatasi spesial untuk tangga tempat tinggal saja. Dalam konteks tempat tinggal 2 lantai, pengertian tangga yaitu akses jalan yang menghubungkan lantai 1 dengan lantai 2. Tangga adalah elemen perlu dalam interior satu bangunan terutama tempat tinggal. Tangga yang baik sebaiknya penuhi sebagian persyaratan, salah satunya yaitu nyaman, fungsional, aman, serta bagus dengan estetika jika memang perlu.

Tangga adalah elemen perlu dalam interior satu bangunan terutama tempat tinggal. Tangga yang baik sebaiknya penuhi sebagian persyaratan, salah satunya yaitu nyaman, fungsional, aman, serta bagus dengan estetika jika memang perlu.

Persyaratan Tangga Tempat tinggal yang Baik
Tangga sepintas memanglah tampak sederhana, membuatnya juga tampak gampang, tukang batu pada umumnya dapat membuat tangga dengan beragam jenis. Tetapi membuat tangga tidak bisa asal-asalan, terdapat banyak persyaratan tangga yang baik yang perlu kita cermati waktu juga akan mendesain tangga. Hingga tangga yang kita pakai pada tempat tinggal kita dapat berperan dengan maksimal.

Aspek kenyamanan, kenyamanan pastinya begitu perlu serta adalah hal paling utama yang harus di perhatikan. Ada banyak hal yang memengaruhi aspek kenyamanan pada tangga salah satunya yaitu tinggi anak tangga, lebar anak tangga, serta lebar tangga tersebut. Anak tangga yang sangat tinggi mengakibatkan kaki kita capek waktu naik ke tangga, sedang lebar anak tangga sebaiknya di buat baik ukurannya sesuai sama panjang telapak kaki hingga nyaman waktu kita berdasar. Lebar tangga juga butuh di perhatikan, tangga yang sangat sempit membuat penghuni kurang nyaman waktu naik turun tangga.

kenyamanan-tangga

Aspek ke-2 yaitu tangga sebaiknya fungsional, berarti dapat berperan dengan baik. Satu diantara contoh aplikasinya yaitu penempatan tangga pada denah tempat tinggal. Rencanakan tangga serta denah tempat tinggal dengan baik, penempatan tangga yang kurang cocok juga akan membuat kurang nyaman. Contoh masalah yang kurang baik yaitu penempatan tangga yang ada persis dibagian belakang tempat tinggal, hingga penghuni bila menginginkan naik ke lantai 2 mesti berputar-putar kebelakang dulu sebelumnya dapat naik ke lantai2, hal seperti ini pastinya tidak efektif. Yakinkan penempatan tangga pas serta baik serta cocokkan dengan denah tempat tinggal anda.

Ke-3 yaitu aspek keamanan. Tangga mungkin membahayakan yang tinggal didalam rumah, contoh ada peristiwa terpeleset, atau jatuh dari tangga. Karenanya sebagian elemen tangga butuh di perhatikan. Seperti pemakaian keramik tangga, bila tangga itu ada diluar serta basah yakinkan pakai keramik yang mempunyai struktur supaya tidak licin. Lalu railing tangga, yakinkan railing tangga aman, mempunyai ketinggian yang cukup, terlebih bila ada anak kecil dirumah yakinkan design railing tangga yang aman serta tidak gampang dipanjat oleh anak kecil.

desain-tangga-aman-untuk-anak-kecil

Ke-4 yaitu aspek estetika, aspek paling akhir ini berbentuk optional, tetapi bila biaya masih tetap memenuhi, membuat tangga yang cantik kenapa tidak? Seperti elemen bangunan yang beda tangga dapat juga di buat macam agar penampilannya menarik. Anda dapat pilih type keramik yang bagus sesuai sama selera anda, granit umpamanya. Lalu anda dapat juga pilih railing tangga, terdapat banyak type railing seperti besi hollow, stainless steel, kaca, serta yang lain. Pastikan sesuai sama selera serta biaya yang anda punyai. Bila menginginkan macam beda anda dapat juga memberikan aksen lampu pada tangga yang membuat penampilan tangga lebih menarik.

tangga-cantik-elegan

Langkah Membuat Tangga Tempat tinggal yang Baik
Di bawah ini juga akan diterangkan langkah membuat tangga tempat tinggal yang baik. Contoh yang juga akan diterangkan di sini yaitu type tangga konvensional dari beton dengan finishing keramik yang umum/banyak digunakan di tempat tinggal.

Pertama yakinkan tangga yang juga akan di buat sudah terencana dengan masak serta ada gambar kerjanya, hingga mempermudah tukang waktu bekerja. Anda dapat membuat desainnya sendiri bila dapat, tetapi bila kesusahan baiknya menggunakan tenaga pakar seperti arsitek terlebih untuk gambar kerjanya.

Dalam rencana terdapat banyak standar yang perlu di perhatikan. Pertama standar tinggi anak tangga yang baik yaitu 15cm – 20cm, upayakan janganlah lebih dari 20cm terkecuali bila sangat terpaksa (space ruangan tidak sangat mungkin). Ke-2 yakinkan lebar anak tangga pada 28cm -30cm. Karna panjang telapak kaki orang Indonesia biasanya kisaran 25cm. Ke-3 lebar tangga minimum yaitu 70cm, bila kurang dari itu jadi tangga sempit serta kurang nyaman.

Ke-2 yaitu sistem pembuatan tangga. Hal semacam ini pastinya ditangani oleh tukang, tetapi baiknya anda juga mengawasi waktu pembuatan tangga supaya tidak berlangsung kekeliruan.

bekesting-dan-besi-tulangan-cara-membuat-tangga

Langkah membuat tangga tempat tinggal langkah awal yaitu membuat garis referensi tangga, umumnya memakai benang atau spidol yang dicoret di tembok, yakinkan ukurannya pas sesuai sama gambar. Anda dapat mengecek/mengukurnya dengan meteran.

Lalu langkah selanjutnya membuat bekesting dari triplek serta kayu kaso. yakinkan waktu bekesting telah jadi (sebelumnya dicor) ukuran tangga telah pas, termasuk juga kemiringan tangga. Pakai besi tulangan tangga dengan diameter 8mm/10mm sejumlah 2 lapis (atas & bawah) agar kuat.

Langkah ke-3 cor tangga dengan kualitas beton k175 atau kombinasi semen pasir kerikil 1 : 2 : 3.

Sesudah cor coran kering dapat dipasang keramik serta railing tangga.

Demikian artikel tentang langkah membuat tangga tempat tinggal yang baik, mudah-mudahan dapat berguna.


0 comments:

Post a Comment