Friday, March 31, 2017

Bedah Desain Rumah Bergaya Bali | Rumah dan Gaya Hidup

Tak heran apabila beberapa orang yang mengidamkan liburan di pulau eksotis serta indah, cuma lantaran menginginkan rasakan situasi yang tentram serta menyatu dengan alam.

Kekhasan Bali bukan hanya alamnya, namun juga situasi seputarnya, dengan bangunan-bangunan yang sarat nuansa tradisional.



Untuk Anda yang masihlah merindukan situasi Bali tetapi belum miliki peluang untuk kembali pada sana, Anda dapat sedikit mengobatinya dengan membuat tempat tinggal bergaya Bali.

Untuk hal semacam ini, Anda dapat mengambil ide dari perumahan Bali Serasi – Tibubeneng yang ada di Badung-Bali. Design tempat tinggal ini begitu kental dengan nuansa Bali-nya. Penasaran? Yuk, ulas satu persatu :

Fasad tempat tinggal yang di inspirasi dari proyek Bali Serasi di
Fasad tempat tinggal yang di inspirasi dari proyek Bali Serasi di Badung-Bali.

Bali Serasi mengusung rencana Tempat tinggal Bali Modern Tropis. Made Ngurah Dewana sebagai arsitek dari Bali Serasi mengungkap, sesuai sama namanya tempat tinggal ini mengombinasikan tempat tinggal tropis modern yang tetaplah diberikan sentuhan tempat tinggal tradisional Bali.

“Satu dari contoh sentuhan tempat tinggal tradisional Bali bisa diliat dari atap tempat tinggal. Di Bali memakai atap menonjolkank atau atap tanpa ada penutup. Maksudnya, supaya bisa meekspos susunan atap bangunan agar tetaplah tampak keindahannya, ” tutur Ngurah pada Tempat tinggal. com.

Dalam gambar design tempat tinggal di Bali Serasi, dapat diliat kalau sisi bawah atap tak dilapis penutup, hingga Anda dapat lihat konstruksinya.



Sesudah atap, Ciri lain dari design Bali yaitu pintu masuknya. Tempat tinggal Bali umumnya mempunyai sejenis gerbang kecil dengan dinding batu serta undakan terbagi dalam 1-3 anak tangga.



Pintu masuk tempat tinggal pada Bali Serasi.
Pintu masuk tempat tinggal pada Bali Serasi.

Pintunya terbagi dalam dua daun pintu, dalam bhs tradisional dimaksud gebyok. Nuansa tradisional Bali bakal semakin kental bila Anda memakai kayu jati.

Ruangan tamu di Bali Serasi.
Ruangan tamu di Bali Serasi.

Disamping itu, sisi dalam tampak modern namun masih tetap alami dengan pemakaian perlengkapan kayu tanpa ada cat. Lantai marmer bikin kesan dalam ruang jadi dingin.

Penentuan beberapa warna netral seperti cokelat serta abu-abu mencirikan tempat tinggal tradisional Bali yang alami.

Furniture meja makan di Bali Serasi.
Furniture meja makan di Bali Serasi.

Pilihan kitchen set, meja dan kursi makan tetaplah memakai material kayu. Bahkan juga meja makan berupa potongan kayu dapat jadi furniture cantik yang mencirikan tempat tinggal bergaya Bali.

Satu diantara kamar yang beradadi tepi kolam renang.
Satu diantara kamar yang beradadi tepi kolam renang.

Kamar tidur yang mempunyai akses segera menuju kolam renang adalah jenis villa modern di Bali. Pintu geser dengan tinggi sampai ceiling ini memberi elegan. Diluar itu, mempunyai tujuan untuk mengoptimalkan pencahayaan.

Sisi lantai 2 yang mempunyai balkon dapat pula jadi ruang makan berbarengan.
Sisi lantai 2 yang mempunyai balkon dapat pula jadi ruang makan berbarengan.

Terkecuali lantai 1, panorama indah dapat juga Anda nikmati dengan menambahkan balkon di segi kamar tidur. Anda dapat juga memberikan meja serta kursi untuk jadikan ruang makan berbarengan. Sinar lilin yang redup dan lampu temaram di tepi kolam semakin memberi nuansa romantis.

Kamar mandi yang 1/2 tertutup ini mencirikan bangunan khas Bali.
Kamar mandi yang 1/2 tertutup ini mencirikan bangunan khas Bali.

Ada yang menarik ketika Anda lihat kamar mandi yang ada di Bali Serasi ini. Atap kamar mandi tak seutuhnya tertutup. Menurut Ngurah, rencana kamar mandi dengan 1/2 atap ini mencirikan bangunan khas Bali.

“Sebenarnya, malah orang Bali yang tradisional, umum mandi di alam atau di kali. Tetapi, lantaran ini telah modern, 1/2 atap ini mempunyai tujuan supaya aliran hawa lancar serta tetaplah menyatu dengan alam. Tersebut ide intinya, ” kata Ngurah.

No comments:

Post a Comment